Hutang

Kusnadi datang dengan tiba-tiba di hadapanku. Tanpa mengucapkan sepatah kata salam, Kusnadi lansung mengoceh seenaknya sendiri di depan mukaku. Beberapa tempias ludahnya melayang di udara. Beberapa mencemari baju yang kukenakan.

“Dasar pemerintah kafir! Negara ini telah dipimpin oleh pemimpin fasik yang sangat membenci islam. Ada banyak nilai-nilai islam yang telah diabaikan oleh rezim ini.”

Ia terus mengoceh dan aku tetap berusaha merasa baik-baik saja. Sekilas, penampilannya memang cukup mencolok.  Penampilan Kusnadi tidak seperti orang kebanyakan. Orang lain akan mudah mengira bahwa Kusnadi adalah orang alim dan ia memang orang alim. Kusnadi sering menghabiskan waktunya di mushola kecil yang ada di kampungku dan sesekali mengobrol dengan siapa saja. Ia memakai kopiah warna putih abu. Dengan baju koko warna hitam mengkilap. Ia juga memakai celana cingkrang di atas mata kaki. Dan satu tanda yang paling mencolok adalah tanda hitam lebam yang terpahat di dahinya.

“Aku baru saja membaca berita di Koran, bahwa Presiden pilihanmu baru saja menanda tangani surat perjanjian hutang luar negeri. Presiden pilihanmu itu tukang berhutang dan hanya bisa menjual asset negara ini.”

Aku diam saja dan berusaha merasa baik-baik saja.

“Presidenmu itu…”

Sebelum ia menyelesaikan kalimatnya, aku buru-buru memangkasnya,

“Kus, apakah uangnya sudah ada? Dua minggu yang lalu kau meminjam uang satu juta lima ratus dariku. Kau bilang untuk modal membeli kambing. Apakah maksudmu datang kemari untuk melunasi hutang itu?”

“Eh… Hehehe. Nganu.”

Aku masih diam dan mulai merasa tidak baik-baik saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s