Pagi Adalah Keheningan #Artsy1

Early Sunday Morning_Edward Hooper
Lukisan Early Sunday Morning karya Edward Hooper

Pagi adalah keheningan. Sebuah jeda untuk sekali lagi berpikir tentang sebuah pertanyaan ganjil dalam batok kepalaku: apakah hidup akan selalu berakhir dengan kehampaan?

Aku ingin memikirkannya, dengan menyusuri jalan-jalan pada sebuah kota yang sudah lama ditinggalkan oleh bahagia. Aku ingin menjawabnya, dengan tengkuk yang sudah lama tak dibelai oleh bias cahaya matahari pagi. Dan pada akhirnya, aku telah sampai pada aras waktu yang memaksaku untuk berhenti. Berhenti untuk bertanya. Menjalani pagi sebagaimana manusia pada umumnya. Mandi pagi, memakai parfum, memakai deodorant, memakai setelah kemeja yang sudah halus setelah disetrika, menyisir rambut yang telah dilumuri pomade murahan dan sarapan dengan semangkuk bubur instant yang hanya menawarkan rasa asin di lidah.

Aku akan berhenti bertanya. Berjalan menyongsong pagi. Berangkat ke kantor dengan pikiran seperti lemari es.

Semoga aku belum mati hari ini. Tapi, jika memang harus mati, hanya punya satu doa: semoga aku tidak terlahir kembali menjadi es krim yang leleh di ujung lidahmu.

Leave a Reply

