Aturan Warung Fotocopy

Warung fotocopy adalah kawan karib bagi mereka yang sedang dikejar deadline skripsi dan tugas-tugas akhir lainnya. Saya pun, dulu juga begitu. Dan tentu saja saya selektif ketika memilih warung fotocopy. Saya, seperti halnya mahasiswa kere lainnya, selalu mencari yang murah jasanya. Namun ternyata hukum itu berlaku: harga tak bisa bohong. Kualitas jasanya buruk. Jadi, pada akhirnya saya lebih memilih yang pas saja. Dan warung fotocopy langganan saya itu memiliki 3 aturan jasa pelayanan yang terpampang di dinding. Seperti ini bunyinya:

aturan-hidup
camkanlah ini!
  1. Jika ingin murah dan cepat, jangan minta bagus
  2. Jika ingin bagus dan murah, jangan minta cepat
  3. Jika ingin cepat dan bagus, jangan minta murah

Sejenak, saya pun mengulang-ulang bunyi aturan itu dalam kepala saya. Benar juga ya, pikir saya. Dan menurut saya aturan ini berlaku untuk segala aspek kehidupan. Misalnya, dalam bisnis. Saya saat ini sedang memulai bisnis ternak ikan lele. Modalnya sekitar 3 juta rupiah. Ada aturan yang berlaku dengan beberapa konskwensi seperti aturan warung fotocoy tadi.

20170217_155526.jpg
ikan lele yang sedang mengapung kawan
  1. Jika saya ingin untung besar, dengan menunggu lele itu sampai gemuk dan siap dipanen, saya harus menunggu berkisar antara 2-3 tahun. Untungnya lebih besar, sebab untuk urusan pakan, saya hanya perlu mengandalkan bangkai ikan tanpa harus membeli pakan apung.
  2. Jika saya ingin lele saya cepat besar dan siap panen, saya harus rela membeli 3-4 karung pakan apung yang harganya dua kali lipat dari harga modal ikan lele tadi. Dan, perhitungan laba bersihnya lebih kecil ketimbang pilihan pertama. Itulah konsekwensinya.

Jadi, aturan-aturan warung fotocopy tadi seakan mengingatkan saya kembali bahwa: hidup selalu menyediakan berbagai macam pilihan.

Hidup adalah potongan-potongan kecil yang tak sempurna. Kita tak bisa menuntut segala menjadi utuh dan sempurna. Kita harus sadar, ada yang harus kita pilih dan juga ada yang harus kita relakan. Begitulah hidup, berjalan, Dik.

3 Replies to “Aturan Warung Fotocopy”

Leave a Reply

