Prinsip Hidup

Prinsip hidup adalah sebilah pedang yang ditempa oleh seorang pandai besi bernama pengalaman. Kira-kira, itulah gambaran saya tentang: apa itu prinsip hidup?

Seringkali, ada beberapa orang yang gemar bertanya dengan pertanyaan “apa prinsip hidupmu?”. Dan tentu saja, pertanyaan itu tak mudah ditemukan jawabnya. Sebab, tak selamanya setiap orang punya sepaket definisi instan tentang prinsip hidup yang diyakininya. Kebanyakan orang, termasuk saya, adalah manusia-manusia yang sedang mencari atau membikin prinsip hidup itu sendiri.

Prinsip hidup bukanlah jamu pahit yang harus dicekokan kedalam batok kepala tiap manusia. Tiap manusia, berhak dan bebas memilih, membuat dan memakai prinsip hidup yang diyakiniya. Karena pada akhirnya kita tahu, setiap manusia berada pada posisi jarak pandang yang berbeda.

Yang perlu kita terima ialah: prinsip hidup yang baik adalah prinsip hidup yang tak merugikan orang lain. Prinsip hidup adalah sebilah pedang yang tak dipakai untuk memerangi musuh, melainkan sebilah pedang yang cukup digunakan untuk menebas segala benalu hidup yang membikin dirimu tetap kerdil dalam ketakutan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s